Saya adalah guru [MA Kelas 10], siswa saya usia [15-18 tahun]. Saya akan mengadakan kegiatan proyek pelajar dengan tujuan melatih soft skill dan karakter siswa. Berikan ide beberapa topik untuk tema [Kewirausahaan]. Pastikan ide yang kamu berikan sesuai dengan usia siswa
1) Ide
Kegiatan
saya
seorang guru [Madrasah Aliyah kelas 10 (usia siswa 15-18 tahun)]. saya ingin
membuat proyek dengan topik [“Membuat sistem
pembuangan dan pemilahan sampah sederhana di rumah dan di satuan pendidikan,
misal piket, waktu rutin khusus untuk kebersihan”]. Proyek ini memiliki
tujuan agar [siswa menjaga kebersihan sebagai rasa
syukur dan dapat bekerjasama]. Berikan ide kegiatan yang bisa dilakukan
siswa saya, pastikan sesuai dengan usia mereka
Pertanyaan pertama ini adalah kuncinya. Jika Bapak/Ibu merasa
belum puas, gali terus melalui pertanyan sampai didapat kegiatan yang
diharapkan.
Ketikkan : tulis ulang, pastikan jawaban yang kamu berikan sesuai dengan usianya
TENTUKAN DIMENSI DAN TUJUAN P5P2RA SESUAI PEDOMAN
2) Deskripsi
singkat
Berikan deskripsi singkat dalam 1 paragraf yang menggambarkan
kegiatan proyek ini
Mencari referensi Dalil
Al Quran
tuliskan ayat al qur an
beserta arti dan terjemahan yang berkaitan dengan projek ini
3)
Menentukan guru yang
terlibat
Buatkan dalam tabel
menggunakan nomor 4 guru yang terlibat beserta perannya
4)
Menentuka alur kegiatan
Kegiatan proyek ini
saya rencanakan dengan langkah (mengamati, mendefinisikan, menggagas, memilih,
dan merefleksikan). Berikan alur singkat untuk kegiatan ini dalam bentuk tabel
5)
Pertanyaan pemantik
Berikan 5 pertanyaan
pemantik untuk kegiatan proyek ini
6)
Aktifitas
a.
Untuk Sistem Blok
1)
Saya berencana membagi
kegiatan ini dalam 3 kegiatan. Minggu pertama untuk mengamati dan
mendefinisikan, minggu kedua untuk menggagas dan memilih, dan minggu ke 3 untuk
tahap merefleksikan. Setiap minggu terdiri dari 6 hari aktif. berikan kegiatan
secara berkala. Untuk minggu pertama (pertemuan ke-1 sampai ke-6), apa rencana
kegiatannya?
2)
Berikan kegiatan pada
minggu kedua (pertemuan ke-7 sampai ke-12)
3)
Berikan kegiatan pada
minggu kedua (pertemuan ke-13 sampai ke-18). Pastikan kegiatan ini diakhiri
dengan perayaan belajar
b.
Untuk Sistem Harian dan
Mingguan
1)
Saya berencana membagi
kegiatan ini dalam 4 bulan. Bulan pertama untuk mengamati dan mendefinisikan, bulan
kedua untuk menggagas, bulan ketiga untuk memilih, dan bulan ke 4 untuk tahap
merefleksikan. Setiap bulan terdiri dari 4 kali pertemuan setiap hari Santu.
berikan kegiatan secara berkala setiap hari sabtunya. Sekarang buatkan kegiatan
mingguan untuk bulan pertama (minggu ke 1 sampai minggu keempat)
saya
berencana membagi aktifitas projek ini 16 kali pertemuan, dimana satu kali
pertemuan selama 90 menit, dan dilaksanakan setiap hari sabtu yang diawali pada
sabtu minggun 2 bulan september 2023. dimana aktifitas 1-4 mengamati dan
mendefinisikan, aktifitas 5-8 untuk menggagas, aktifitas 9-12 untuk memilih,
dan aktifitas 13-16 untuk tahap merefleksikan. sekarang buatkan aktifitas 1-4
yang diawali dengan sosialisasi projek
2)
Berikan kegiatan
mingguan untuk bulan kedua (minggu ke-5 sampai ke-8)
3)
Berikan kegiatan
mingguan untuk bulan ketiga (minggu ke-9 sampai ke-12)
4)
Berikan kegiatan
mingguan untuk bulan keempat (minggu ke-13 sampai ke-16). Pastikan kegiatan ini
diakhiri dengan perayaan belajar
5)
Alat, bahan, serta
media belajar yang perlu disiapkan
Sebutkan Alat, bahan,
serta media belajar yang perlu disiapkan untuk kegiatan proyek ini
6)
Asesmen
a.
Berikan rencana asesmen
untuk kegiatan proyek ini sesuai dengan tujuan pembelajaran di atas. Asesmen
terdiri dari asesmen awal, asesmen formatif, asesmen sumatif. Pastikan juga ada
penilaian diri dan penilaian antar teman dalam kegiatan ini
b.
Buatkan 5 soal paling
esensial untuk asesmen awalnya dalam bentuk soal essay sertakan alternatif
kunci jawabannya. Pisahkan antara soal dan kunci jawaban. Pastikan soal yang
kamu berikan sesuai dengan usia siswa (7 tahun)
c.
Buatlah rubrik
penilaian observasi dalam bentuk tabel untuk mengamati perkembangan siswa dalam
mencapai tujuan proyek ini
d.
Buatlah rubrik
penilaian antar teman dalam bentuk tabel untuk mengamati perkembangan siswa
dalam mencapai tujuan proyek ini
e.
Buatkan instrumen
penilaian diri dalam bentuk tabel. Buat dalam bentuk pertanyaan yang ditujukan
untuk diri sendiri
f.
Buatkan asesmen sumatifnya
dalam bentuk 10 soal essay
g.
Buatkan Rubrik
Pencapaian oleh siswa dalam melakukan kegiatan proyek ini dalam bentuk tabel
sesuai tujuan kegiatan yang diharapkan. Rubrik yang kamu buatkan adalah rubrik
berjenjang yang terdiri dari mulai berkembang, sedang berkembang, berkembang
sesuai harapan, dan sangat berkembang
Alternatif kedua,
mengisi satu persatu pencapaian setiap tujuan
harap berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan
0 Komentar