Selamat Datang

Selamat Datang

PPM Al Hidayah Riau

SKUA (standar kompetensi ubudiyah dan akhlakul karimah) MA AL HIDAYAH KUANTAN SINGINGI

google.com, pub-6628104221599398, DIRECT, f08c47fec0942fa0

BAB I
PROFIL PROGRAM SKUA

 Program Standar Kompetensi Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) merupakan salah satu program unggulan yang diterapkan di MA Al Hidayah Kuantan Singingi sebagai bentuk upaya pembinaan karakter dan peningkatan kualitas ibadah siswa secara sistematis, terstruktur, dan berkelanjutan.

Program ini bertujuan untuk membentuk peserta didik yang berilmu, berakhlak mulia, serta terampil dalam melaksanakan ibadah sesuai tuntunan syariat Islam. SKUA menjadi bagian integral dari proses pendidikan yang tidak hanya menekankan pada aspek pengetahuan akademik, tetapi juga pada aspek spiritual dan moral.

 

1. Dasar Hukum Pelaksanaan Program SKUA

A. Landasan Al-Qur'an

1.      QS. Al-Baqarah: 2

ذَٰلِكَ ٱلۡكِتَٰبُ لَا رَيۡبَۛ فِيهِۛ هُدٗى لِّلۡمُتَّقِينَ
"Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa."

2.      QS. Luqman: 17

 

يَٰبُنَيَّ أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ وَأۡمُرۡ بِٱلۡمَعۡرُوفِ وَٱنۡهَ عَنِ ٱلۡمُنكَرِ وَٱصۡبِرۡ عَلَىٰ مَآ أَصَابَكَۖ إِنَّ ذَٰلِكَ مِنۡ عَزۡمِ ٱلۡأُمُورِ
"Wahai anakku, dirikanlah shalat, suruhlah (manusia) kepada yang ma’ruf dan cegahlah dari yang munkar, dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting."

3.      QS. Al-Mujadilah: 11

يَرۡفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ دَرَجَٰتٖۚ
"Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat."

B. Landasan Hadits

1.      Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim:

"خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ"
"Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya."

2.      Hadits Riwayat Tirmidzi:

"إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاَقِ"
"Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia."

3.      Hadits Riwayat Muslim:

"الدُّعَاءُ هُوَ العِبَادَةُ"
"Doa adalah inti ibadah."

 

C. Dasar Hukum Formal

1.      Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

2.      Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan

3.      Keputusan Dirjen Pendis Kementerian Agama RI No. 2851 Tahun 2020 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab

4.      Visi dan Misi MA Al Hidayah Kuantan Singingi

google.com, pub-6628104221599398, DIRECT, f08c47fec0942fa0

 

D. Ruang Lingkup Program SKUA

1.        Al-Qur’an: Kemampuan membaca dan menghafal surat-surat pilihan dengan tajwid yang benar.

2.        Aqidah dan Akhlak: Pemahaman nilai-nilai moral Islam dan pengamalan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.

3.        Fikih: Kemampuan praktik ibadah seperti shalat, sujud, wudhu, dan lain-lain sesuai tuntunan syariah.

4.        Dzikir dan Doa: Hafalan dzikir harian, doa-doa penting, dan asmaul husna sebagai penguat spiritualitas.

 

2.     Tujuan dan Manfaat Program SKUA

A. Tujuan Program SKUA

Program Standar Kompetensi Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) disusun dan dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut:

1.      Meningkatkan kualitas ibadah siswa secara teori dan praktik, agar sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah .

2.      Membentuk karakter siswa yang berakhlakul karimah, yaitu sopan santun, beretika islami, dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral.

3.      Menanamkan kedisiplinan dan tanggung jawab ibadah sebagai bagian dari pembiasaan harian peserta didik.

4.      Mendorong peserta didik menjadi pribadi yang unggul secara spiritual, intelektual, dan sosial dalam kehidupan sehari-hari.

5.      Mewujudkan generasi yang religius, berilmu, dan beramal, sejalan dengan visi Madrasah Aliyah Al Hidayah Kuantan Singingi.

6.      Membantu peserta didik dalam menginternalisasi nilai-nilai Islam dalam semua aspek kehidupan mereka.

7.      Menjadi alat ukur kompetensi ubudiyah dan akhlak siswa, sebagai bekal mereka dalam menghadapi tantangan kehidupan masa depan.

 

B. Manfaat Program SKUA

Pelaksanaan program SKUA diharapkan memberikan berbagai manfaat, baik bagi siswa maupun bagi lingkungan madrasah, antara lain:

1.      Bagi Siswa:

§  Memiliki keterampilan ibadah yang benar sesuai syariat.

§  Mampu menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an dan doa-doa penting.

§  Menampilkan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

§  Memiliki dasar yang kuat untuk menjadi pribadi yang shalih/shalihah.

§  Lebih percaya diri dalam melaksanakan ibadah baik secara individu maupun berjamaah.

2.      Bagi Madrasah:

§  Meningkatkan mutu lulusan madrasah secara spiritual dan moral.

§  Menciptakan lingkungan madrasah yang religius dan berbudaya islami.

§  Menjadi pembeda dan keunggulan tersendiri bagi madrasah dalam membentuk generasi Qur’ani dan berkarakter mulia.

3.      Bagi Orang Tua dan Masyarakat:

§  Merasakan manfaat dari perubahan sikap dan akhlak anak-anak mereka.

§  Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap peran madrasah sebagai lembaga pendidikan yang holistik.

§  Menumbuhkan sinergi antara madrasah, keluarga, dan masyarakat dalam membentuk generasi Islami.

 


 

BAB II
STRUKTUR DAN KURIKULUM PROGRAM SKUA

1. Struktur Program SKUA

Program SKUA terdiri dari empat pilar kompetensi utama yang menjadi kerangka dasar pembinaan siswa dalam aspek ubudiyah dan akhlak, yaitu:

1.      Kompetensi Al-Qur’an

o   Hafalan surat-surat pendek (juz 30) sesuai jenjang kelas.

o   Meningkatkan keterampilan membaca dan memahami makna surat.

2.      Kompetensi Aqidah dan Akhlak

o   Penanaman nilai-nilai akhlakul karimah dan etika Islam.

o   Pembiasaan sikap sopan santun, tata krama, dan adab dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Kompetensi Fikih (Ibadah Praktis)

o   Pembelajaran dan praktik ibadah seperti wudhu, shalat wajib dan sunnah, serta pelaksanaan amalan lainnya sesuai syariat.

4.      Kompetensi Dzikir dan Doa

o   Hafalan doa-doa harian dan dzikir setelah shalat.

o   Pembiasaan membaca Asmaul Husna lengkap dengan artinya.

 

2. Kurikulum Program SKUA

Kurikulum SKUA disusun berdasarkan pendekatan spiral, artinya setiap tahun pembelajaran akan mengalami peningkatan materi dan kedalaman kompetensi sesuai tingkat perkembangan usia dan kemampuan siswa.

 

Kelas / Semester

Al-Qur’an

Aqidah & Akhlak

Fikih

Dzikir & Doa

X Ganjil

QS. Al-Fil s/d QS. Al-Qadr

Adab beribadah, adab terhadap guru dan orang tua

Wudhu, tayamum, shalat berjamaah

Doa harian, Asmaul Husna 1–50

X Genap

QS. Al-Bayyinah s/d QS. Al-Lail

Adab belajar, adab dengan teman

Shalat jenazah, shalat rawatib

Doa-doa setelah shalat

XI Ganjil

QS. Asy-Syams s/d QS. Al-Buruj

Adab berpakaian, adab safar

Shalat gerhana, istisqa

Doa ba’da shalat gerhana, Asmaul Husna 51–75

XI Genap

QS. Al-Fajr s/d QS. Al-Muthaffifin

Adab salam, adab pergaulan

Nikah, sujud tilawah/syukur

Doa keluarga sakinah, Asmaul Husna 76–99

XII Ganjil

QS. Al-Infithar s/d QS. An-Naba’

Adab musyawarah, adab tilawah

Shalat sakit, tasbih, tarawih

Doa khotmil Qur’an, doa akhir majelis

XII Genap (opsional pengayaan)

Pengulangan dan pendalaman hafalan

Konsolidasi nilai karakter

Praktik ibadah secara komprehensif

Doa-doa khusus tambahan

 

3. Pendekatan Pembelajaran

Program SKUA dilaksanakan melalui:

§  Pembelajaran Terstruktur di Kelas.

§  Pembinaan Khusus di Asrama atau Pesantren (jika boarding).

§  Kegiatan Ekstrakurikuler dan Pekanan: seperti kultum, tadarus berjamaah, dan praktik ubudiyah berjamaah.

 

4. Integrasi dengan Kurikulum Nasional

Program SKUA menjadi pelengkap dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta menjadi identitas khas Madrasah Aliyah Al Hidayah Kuantan Singingi dalam membentuk lulusan yang unggul secara spiritual dan berkarakter Qur’ani.

 

5. Petunjuk Penggunaan Buku Panduan SKUA

Buku panduan ini disusun sebagai pedoman pelaksanaan program SKUA (Standar Kompetensi Ubudiyah dan Akhlakul Karimah) di lingkungan Madrasah Aliyah Al Hidayah Kuantan Singingi. Panduan ini digunakan oleh seluruh pendidik, pembina, wali kelas, serta tenaga kependidikan dalam membimbing dan mengevaluasi kemampuan ubudiyah dan akhlak siswa.

Berikut adalah petunjuk penggunaannya:

A. Bagi Pendidik / Guru

1.      Memahami isi kompetensi pada setiap jenjang kelas dan semester.

2.      Mengintegrasikan materi SKUA dalam kegiatan pembelajaran maupun pembinaan karakter siswa.

3.      Menyusun jadwal kegiatan hafalan, praktik ibadah, dan evaluasi secara terstruktur.

4.      Memberikan bimbingan secara bertahap dan konsisten kepada siswa dalam mencapai target kompetensi.

5.      Melakukan penilaian secara berkala (tahapan ujian atau praktik) dan mencatat capaian siswa.

 

B. Bagi Wali Kelas

1.      Memantau perkembangan pencapaian SKUA siswa di kelasnya.

2.      Berkolaborasi dengan guru bidang studi agama dan guru pembimbing ibadah.

3.      Melaporkan capaian siswa dalam rapor kepribadian atau laporan SKUA secara berkala.

 

C. Bagi Pembina Asrama (jika Ananda di pesantren)

1.      Mengoptimalkan pelaksanaan SKUA di luar jam pelajaran formal, seperti:

o   Bimbingan hafalan Al-Qur’an dan doa harian.

o   Pembiasaan ibadah sunnah dan dzikir berjamaah.

2.      Menjadi pendamping bagi siswa dalam menerapkan adab sehari-hari secara langsung dalam kehidupan asrama.

 

 

D. Bagi Siswa

1.      Mengikuti bimbingan SKUA dengan disiplin, semangat, dan ikhlas karena Allah.

2.      Menghafal dan mempraktikkan ibadah serta akhlak mulia sesuai dengan target tiap semester.

3.      Mengisi dan memantau buku evaluasi atau lembar pencapaian SKUA yang diberikan oleh guru.

4.      Mintalah tanda tangan guru Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, dan SKI (Dzikir dan Do’a) setiap kompetensi yang telah dikuasai

 

E. Bagi Orang Tua / Wali Murid

1.      Mendukung dan memotivasi siswa untuk menghafal, mengulang, dan mempraktikkan ibadah di rumah.

2.      Menjadi teladan dalam pelaksanaan adab-adab Islami dalam kehidupan keluarga.

3.      Menjalin komunikasi yang baik dengan wali kelas dan guru agama untuk memantau perkembangan anak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


harap berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan

0 Komentar